Dalam Sepekan ini Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil melalui Program Kerja Senat Mahasiswa mengadakan Program Pelatihan Ketekniksipilan, diantaranya SAP. Rekayasa berbasis komputer ini telah menjadi kebutuhan dalam bidang perencanaan Teknik Sipil. Namun pemakaian program komputer aplikasi rekayasa dengan tidak benar dapat berpotensi menghasilkan kesalahan yang beresiko tinggi, baik dari segi ekonomi maupun keselamatan pengguna hasil rancangan. SAP (Structural Analysis Program) adalah salah satu program untuk menganalisa struktur konstruksi yang banyak digunakan. Penggunaannya cukup sederhana, karena berbasis visual. Namun untuk dapat menggunakan program dengan benar perlu memahami dasar teori program dan opsi-opsi yang dapat digunakan.
Pelatihan secara khusus mempelajari aplikasi Teknik Sipil dengan menitik beratkan pada penguasaan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan perencanaan, serta konsep dasar dan analisa struktur dengan menggunakan SAP
Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta menguasai program SAP dengan baik, Mahasiswa dapat mengaplikasikan dalam proyek perencanaan pembangunan gedung bertingkat, jalan, jembatan dan pekerjaan lain yang berkaitan, dengan memahami latar belakang metode penyelesaian dan batasan-batasan yang dihasilkan program tersebut.