Pembangunan bendungan menjadi kebutuhan mutlak untuk memberikan solusi terhadap fenomena kebutuhan sumber daya air yang sangat pesat saat ini. Oleh karena fasilitas bendungan yang memungkinkan kelancaran distribusi sumber daya air antar wilayah menjadi faktor sangat penting dalam kehidupan, termasuk dalam bidang ekonomi, maka kebutuhan pembangunan bendungan seakan tak ada habisnya.

Sehubungan dengan hal itu Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Wiralodra, menaruh perhatian besar dalam pembelajaran tentang bendungan.  Selain mempelajari teori tentang pembangunannya di bangku kuliah, para mahasiswa Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Wiralodra juga mengadakan kunjungan wisata ilmiah (KWI) ke area pembangunan bendungan Jatigede yang terletak di wilayah Kabupaten Sumedang Jawa Barat.

Dalam kegiatan tersebut, para mahasiswa memperoleh pencerahan berupa pemaparan dari Project Manager setempat, terkait dengan awal pelaksanaan pekerjaan  proyek bendungan, dari aspek ketekniksipilannya. Selain itu juga disampaikan kendala-kendala yang terjadi di lapangan, yang berbeda-beda pada satu tempat dengan tempat yang lain. Para mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, karena dapat melihat dan mengenal lapangan secara nyata. Hal ini dapat menguatkan teori yang dipelajari di bangku kuliah, serta memberikan gambaran penerapan dari teori yang dipelajari selama ini.