Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) bertujuan untuk memperkenalkan, mempersiapkan dan mengakselerasi mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang sadar akan hak dan kewajibanya, memuat antara lain tentang sistem pendidikan tinggi kegiatan akademik dan kemahasiswaan serta kebijakan kampus, serta materi bela negara, radikalisme, penyalahgunaan narkoba sehingga dapat mendukung keberhasilan studinya di perguruan tinggi.

PKKMB merupakan tanggung jawab pimpinan perguruan tinggi, yang didukung oleh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Untuk itu, implementasi PKKMB perlu diperkuat dengan peraturan internal perguruan tinggi untuk menghindari pelanggaran atas tata tertib, norma dan etika, serta hukum, terutama terkait dengan pencegahan dan penanggulangan perpeloncoaan, kekerasan dan hal-hal lain yang dapat mengancam tata kehidupan kampus serta kokohnya NKRI.

Khusus untuk para Koordinator Kopertis, mohon dapat menyebarluaskan Panduan Umum PKKMB ini kepada seluruh Perguruan Tinggi Swasta di wilayah masing-masing.

Universitas Wiralodra melaksanakan PKKMB selama 2 (dua) hari yaitu pada hari Senin dan Selasa tanggal 2 dan 3 Oktober 2017.