Pada Tahun 1995, Universitas Wiralodra hanya memliki 2 (dua) Program Studi Exact, yaitu Pendidikan Matematika dan Sosial Ekonomi, sementara 7 Progran Studi lainnya bersifat sosial. untuk meningkatkan rasio sosial dengan exact, maka dianggap perlu untuk pengembangan fakultas /program studi. Prakarsa penidirian Fakltas Teknik oleh pihak Rektorat dengan dukungan penuh Yayasan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu.

Langkah-langkah untuk mewujudkan keinginan tersebut dibentuk panitia atau tim perencana pembentukan Fakultas Teknik, yang dikukuhkan melalui SK Rektor No.146/SK/R.UW/V/1995 pada tanggal 19 Mei 1995, dan selanjutnya Ketua Yayasan Unwir mengeluarkan Surat Keputusan No.158.A/SK/YW/VI/1995 tanggal 14 Juni 1995 tentang Pendirian Fakultas Teknik Unwir. Waktu itu Bapak Ope Mustofa (Bupati Indramayu) ex oficio Ketua Yayasan Unwir.

sebagai bahan pertimbangan untuk mengetahui apakah pembukaan Fakultas Teknik mendapat respon positif dari masyarakat khususnya pelajar SMU, maka dilakukan riset dengan menyebarkan angket ke pelajar SMU se-Kabupaten Indramayu bersamaan dengan kegiatan promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Unwir. Dari pengolahan data, ternyata animo pelajar terhadap pembukaan Fakultas Teknik cukup baik, dengan ranking berturut-turut, 1) Jurusan Teknik Perminyakan, 2) Jurusan Teknik Sipil, dan 3) Jurusan Teknik Mesin.

Hasil Survei ini dimusyawarahkan di tingkat panitia, akhirnya sepakat untuk memilih Jurusan Teknik Sipil, dan akhirnya Fakultas Teknik Universitas Wiralodra dengan jurusan teknik sipil lahir dan memulai aktivitas pendidikan pada tahun 1996. Pada tahun 1996 Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Wiralodra mendapat pengakuan status ”Terdaftar” berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  No. 416/DIKTI/KEP/1996.

Sejalan dengan pengakuan tersebut, maka Fakultas Teknik terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan, baik dalam hal peningkatan kemampuan tenaga Edukatif maupun sarana dan prasarana penunjang lainnya seperti gedung perkuliahaan, ruang laboratorium. Disamping itu juga terus diusahakan kerja sama dengan instansi pemerintah dan swasta di lingkungan Kabupaten Indramayu sehingga semakin meningkatkan kualitas kelulusan mahasiswanya.

Upaya peningkatan status terus diupayakan, sehingga dari hasil jerih payah tersebut, pada tahun 2010 Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Wiralodra mendapat pengakuan “Status Terakreditasi” berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 001/BAN-PT/Ak-XIII/S1/IV/2010 dan pada tahun 2015 kembali di re-akreditasi yang tertuang dalam Surat Keputusan BAN-PT No. 1074/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015. Status Terakreditasi membawa konsekuensi bahwa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik melaksanakan pendidikan dan pengajaran secara mandiri.

Upaya peningkatan status masih terus diusahakan mulai pembenahan ditingkat interen fakultas yaitu dari administrasi sampai sistem pengajaran.