KAJIAN SIMULASI MODEL BISWAS-SEN DALAM DINAMIKA OPINI UNTUK 1 DIMENSI DENGAN PARAMETER BAK-SUHU

Indri Yanti, Rinto Anugraha NQZ
Universitas Wiralodra

Published
2019-03-22

Issue
Vol 1 No 1 (2018) Teknokom

Section
Article

Keywords : Simulasi Monte Carlo, Model Ising, Algoritma Metropolis, Transisi Fase, Model Biswas-Sen.

Abstract

Pada penelitian ini model dinamika yang digunakan adalah model Biswas-Sen. Model Biswas-Sen merupakan model dinamika opini biner yang tergantung pada ukuran domain tetangga. Dalam model dinamika opini biner diasumsikan bahwa seorang individu akan dipengaruhi oleh tetangga atau domain terdekatnya. Model ini direpresentasikan oleh suatu sistem spin Ising yang hanya memiliki 2 keadaan, yaitu keadaan up dan down. Penelitian ini mengusulkan sebuah model Biswas-Sen dalam 1 dimensi dengan parameter bak-suhu (temperature-like fluctuation) untukmenguji eksistensi transisi fase. Pada model Biswas-Sen 1 dimensi tanpa parameter bak-suhu tidak terjadi transisi fase. Sehingga dalam model Biswas-Sen 1 dimensi dianalogikan seperti model Ising 1 dimensi yaitu tidak ada transisi fase. Simulasi dilakukan dengan metode Monte Carlo dengan menggunakan algoritma Metropolis dan softwareImageJ. Hasil dari penelitian ini yaitu model Biswas-Sen 1 dengan parameter bak-suhu belum muncul transisi fase. Parameter bak-suhu hanya berperan untuk menunda waktu untuk mencapai keadaan homogen dan membuat sistem cenderung disorder namun keadaan akhir yang diperoleh tetap homogen.

Kata Kunci : Simulasi Monte Carlo, Model Ising, Algoritma Metropolis, Transisi Fase, Model Biswas-Sen.

References

Biswas, S., & Sen, P., 2009, Model Of Binary Opinion Dynamics: Coarsening and effect of Disorder, Physical Review E, 80, 027101.

Cialdini, R.B., 2000, Influence Science and Practice (4th Edition), Allyn & Bacon.

Olmsted P. D., 2000, Landau Theory ofPhaseTransitions. Lectures. Departement of Physiscs and Astronomy, University of Leed.

Sznajd-Weron, K., dan Sznajd, J., 2004, Dynamical model of Ising spins, PhysicalReview E, 70, 037104.