METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENYELEKSIAN PESERTA PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Dewi Yunita Sari
Universitas Wiralodra

Published
2019-03-22

Issue
Vol 1 No 1 (2018) Teknokom

Section
Article

Keywords : Calon peserta , database, Simple Additive Weighting (SAW), Multi-Atribute Decision Making (MADM)

Abstract

Metode Simple Additive Weighting (SAW) sering juga dikenal istilah metode penjumlahan terbobot. Konsep dasar metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari kriteria-kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya. Metode ini membutuhkan proses normalisasi matriks keputusan sesuatu skala yang dapat diperbandingkan dengan semua rating alternatif yang ada. Metode Simple Additive Weighting (SAW) dalam sistem pendukung keputusan penyeleksian peserta program pemberdayaan masyarakat dibuat dengan tujuan untuk merancang dan mengimplementasikan perangkat lunak dengan menentukan pendaftar mana yang diterima dan ditolak dengan menerapkan model Multi-Attribute Decision making (MADM). Multi-Attribute Decision making (MADM) adalah himpunan alternatif-alternatif keputusan dan himpunan tujuan yang akan menentukan berdasarkan alternatif yang memiliki derajat harapan tertinggi terhadap tujuan-tujuan yang relevan. Dalam merancangan sistem ini menggunakan beberapa langkah yaitu database yang digunakan adalah XAMPP dan pengembangan perangkat lunak menggunakan Bahasa Pemrogaman Web dengan PHP dan MYSQL .

References

Efraim Turban, Jay E Aronson, T. P. L. (2005). Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support Systems).

Janko, Wolfgang, Prof., Dr dan Berntoider, Edward, Dr. 10 January 2005. Multi Criteria Decision Making An Application Study of ELECTRE & TOPSIS.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Percontohan Program Pemberdayaan Perempuan.

Sutoro Eko, 2002, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Materi Diklat Pemberdayaan Masyarakat Desa, yang diselenggarakan Badan Diklat Provinsi Kaltim, Samarinda, Desember 2002.