PERANCANGAN ARSITEKTUR ENTERPRISE SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS MENGGUNAKAN TOGAF-ADM (Studi Kasus : Universitas Wiralodra Indramayu)

Darsanto
Universitas Wiralodra

Published
2019-03-22

Issue
Vol 1 No 1 (2018) Teknokom

Section
Article

Keywords : Arsitektur, Enterprise, TOGAF-ADM, Cetak Biru, Universitas

Abstract

Penerapan teknologi sistem informasi pada organisasi atau perusahaan tidaklah mudah untuk dilakukan. Perlunya perencanaan yang baik, kerjasama antar elemen yang kompak, keinginan berubah yang kuat serta sesuai dengan visi dan misi dari organisasi agar bisa diterapkan. Salah satu strategi yang penting dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi adalah pemanfaatan dan peningkatan dukungan sistem informasi bagi enterprise. Penerapan strategi ini mengemban misi pada sistem informasi yang pemenuhannya memerlukan keterpaduan arah dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian yang selaras dengan strategi bisnis enterprise.
Universitas Wiralodra Indramayu (Unwir) melakukan aktivitas organisasinya selalu mengarah kepada kepuasan para pengguna jasa pendidikan disetiap Program Studi yang berada dalam naungan Universitas Wiralodra Indramayu (Unwir) sesuai dengan visi dan misi. Untuk mendukung aktivitas tersebut maka diperlukan sebuah paradigma dalam merencanakan, merancang dan mengelola sistem informasi yang disebut dengan arsitektur enterprise. Arsitektur enterprise merupakan suatu upaya dalam memandang elemen-elemen yang berbeda dalam suatu organisasi atau enterprise secara keseluruhan sebagai satu kesatuan.
Metodologi yang digunakan arsitektur enterprise yang terintegrasi pada Universitas Wiralodra Indramayu (Unwir) menggunakan TOGAF-ADM. Tahapan dalam perencanaan arsitektur enterprise yang terintegrasi dengan memodelkan arsitektur bisnis, arsitektur data, arsitektur aplikasi dan arsitektur teknologi sesuai dengan kerangka kerja TOGAF-ADM. Tahapan ini akan menghasilkan sebuah arsitektur enterprise yang terintegrasi yang dapat dijadikan sebagai acuan cetak biru (blue print) oleh lembaga untuk mencapai tujuan strategis.

References

Bernard, S. A., (2005),. An Introduction to Enterpprise Architecture EA3 (2nd Ed.), United State of America: Author House.

Hasibuan, Z. A. (2007). Metodologi penelitian pada bidang Ilmu komputer dan teknologi Informasi, Mitra Wacana Media, 2007.

Minoli, D., Enterprise Architecture A to Z. (2008) Parkway NW: Auerbach Publications.

Porter, Michael., (1985), Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance for Analyzing Industries and Competitor, The Free Press.

The Open Group. (2009). The Open Group Architecture Framework: Architecture Devlopment Method, diakses pada tanggal 22 Februari 2017 dari http://pubs.opengroup.org/architecture/togaf9-doc/arch/

Wahyudin, Asep (2009). Penyelarasan Lingkungan ICT Dengan Kebutuhan Organisasi Sebagai Pendukung Perencanaan Strategis Bagi Perusahaan, ISSN:1979-9264