MANFAAT PENERAPAN MARKETING ONLINE (MENGGUNAKAN E-COMMERCE DAN MEDIA SOSIAL) BAGI USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM)

Mukhsin
Universitas Wiralodra

Published
2019-03-25

Issue
Vol 2 No 1 (2019) Teknokom

Section
Article

Keywords : e-commerce, marketplace, media sosial, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Abstract

Perkembangan teknologi tidak hanya mengubah cara berkomunikasi masyarakat namun juga metode perdagangannya. Pertumbuhan e-commerce yang semakin banyak berguna menjadi tempat jual-beli barang secara online yang bisa digunakan oleh pengusaha. Kesempatan ini tidak dilewatkan oleh para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), dimana marketplace untuk UMKM dimanfaatkan oleh pemilik usaha kecil menengah. Selama ini kendala yang selalu dihadapi oleh UMKM adalah masalah pemasaran, apalagi untuk UMKM di daerah. Media Sosial masih sebagai aktifitas pribadi, itu yang masih terlihat di pelaku UMKM, belum terjadi adanya kesungguhan Media Sosial menjadi bagian aktifitas strategis yang mewakili usaha. UMKM menjadi bagian dari perhatian karena kemampuan memahami bidang IT memang masih sangat beragam, sehingga kepedulian terhadap UMKM dimulai dari lingkungan sekitar dengan memacu partisipasi UMKM menggunakan media yang terjangkau menurut daya konsumsi UKM. Dengan adanya e-commerce merupakan peluang bagi UMKM, karena dengan menggunakan marketplace memungkinkan pasar UMKM akan lebih luas dan promosi lebih murah. Dari sisi promosi keuntungan berjualan di marketplace untuk UMKM melalui online adalah bisa menjaring lebih banyak pelanggan yang lebih luas. Semua orang yang terhubung dengan internet bisa melihat promosi tanpa terbatasi oleh geografis.

References

A. O. Jagongo and C. Kinyua, The social media and entrepreneurship growth (a new business communication paradigm among SMEs in Nairobi), 2013.

Andi Ashari, Pemanfaatan Media Sosial dalam Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Tema : Entrepreneur And Information Technolog, Jurnal, Fakultas Sosial dan Ilmu Politik ,Universitas Komputer Indonesia.

Arif Ardiyanto, Analisis Penggunaan Media Sosial Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Kemasan Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali, Skripsi, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 2018.

Karagozoglu, N, and M. Lindell, Electronic Commerce Strategy, Operations, and Performance inSmall and Medium Sized Enterprises, Journal of Small Business and Enterprise Development, 2004.

Kotler, P., Keller, K.L., Marketing Management, Prentice Hall, New Jersey, 2012.