RANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI JASA PELABUHAN KAPAL TANKER (Studi Kasus: PT. PERTAMINA (PERSERO) RU VI BALONGAN)


Mukhfid, Maman Suparman
AMIK Purnama Niaga

Published
2019-03-25

Issue
Vol 2 No 1 (2019) Teknokom

Section
Article

Keywords : Sistem, Pelabuahan Kapal Tanker, Metodologi Terstuktur, Pertamina RU VI Balongan.

Abstract

Dalam menjaga ketahanan Energi khususnya di daerah Indramayu. PT.Pertamina (Persero) Refinery Unit VI (RU VI) Balongan mengolah minyak mentah dan menyalurkan hasil pengolahan melalui jalur darat dan jalur laut. Dalam pendistribusian melalui laut, Kapal-kapal tanker yang beraktivitas di pelabuhan tidak lepas dari jasa pelabuhan yang terdiri dari jasa labuh, jasa tambat, jasa pandu, jasa tunda, jasa service, jasa rambu dan jasa penerimaan uang perkapalan (PUP) 7A & 7F. Fungsi Marine sebagai operator pelabuhan di RU VI Balongan memiliki tanggung jawab dalam mengelola jasa pelabuhan mulai dari pengurusan dokumen, perhitungan jasa pelabuhan sampai dengan pembayaran kepada KUPP Indramayu dan PT. Pelindo II cabang cirebon. Saat ini proses pengelolaan jasa pelabuhan di bagian administrasi belum optimal dimana dalam penyajian data jasa pelabuhan setiap kapal membutuhkan waktu yg lama, dalam pembuatan laporan bulanan operator menginput kembali yang telah di proses dari awal sampai akhir bulan sehingga melakukan aktifitas yang tidak produktif, penelusuran data lama dan tingkat keamanan data masih rendah. Penelitian ini dilakukan untuk merancang sistem informasi jasa pelabuhan dengan tujuan untuk menyempurnakan proses pengelolaan jasa pelabuhan saat ini. Metodologi dalam “Pengembangan Sistem Informasi Jasa Pelabuhan Kapal Tanker Di PT. Pertamina (Persero) Refinery Unit VI Balongan” ini dengen pendekatan Terstruktur dan Tools yang digunakan adalah FOD, DAD, ERD. Diharapkan hasil dari sistem informasi yang dikembangkan memberikan informasi yang cepat dan tepat bagi tim manajemen dalam menerima laporan bulanan untuk pembayaran jasa setiap tahunnya; kebutuhan dan muatan operasional kilang dan kapal, fasilitas dermaga dan tenaga kerja dalam membantu di pelabuhan

References

Robert A. Leitch/K. Roscoe Davis, Accunting Information System, 1983, hal 6.

(http://www.pertamina.com/company-profile/sejarah-pertamina/ Diakses Pada 18 Mater 2019, Kegiatan Perusahaan PT. Pertamina (Persero).

Jogiyanto Hartono, MBA, Ph.D, 2005, Analisa & Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Andi Offset Yogyakarta.

Dokumen Prosedur Kerja PT. Pertamina RU. VI Balongan, 2001.

Jerry Fitz Gerald, Andra F. Warren D. Stalling, Jr., Fundamentals Of Syatem Analysis, 1981, hal. 278.

A. Ziya Aktas, Struktured Analysis & Design of Information Systems, 1987. Hal 57.