Berita gembira sekaligus membanggakan sekali pada awal perkuliah kita mendapatkan kabar baik dari 3 (tiga) dosen yang lolos PKM KEMENDIKBUD. Rabu (18/05/2022).

Dalam rangka Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dirjen Riset dan Teknologi Perguruan Tinggi (KEMENDIKBUD) memberikan kesempatan Kepada Dosen Perguruan Tinggi (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk melaksanakan Penelitian dan Pengabdian yang didanai oleh KEMENDIKBUD, pada tahun Pendanaan 2022.

Universitas Wiralodra Mengirimkan 9 (Sembilan) Tim yang mengajukan Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), berdasar Pada Surat Pengumuman Pendanaan PKM di Perguruan tinggi Tahun 2022 Nomor: 0248/E5/AK.04/2022 1 (Satu) Tim dari Universitas Wiralodra dinyatakan Lolos dengan Di Ketuai oleh : Denni Ismunandar, M.Pd (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Matematika), Muh. Pauzan, S.Si.,M.Sc (Fakultas Teknik Prodi Teknik Komputer) dan Riva Rachmi Kusumah, SH.MH (Fakultas Hukum Prodi Ilmu Hukum) dengan judul Pengabdian PKM Desa Sindang Kabupaten Indramayu Dalam Mengelola Embung Jangkar Menjadi Eduwisata.

Pengabdian tersebut dilaksanakan di Desa Sindang Kecamatan Indramayu, dengan Tujuan Utama dapat mengembangkan Eduwisata Embung Jangkar di Desa Sindang. Program yang direncanakan seperti: Sosialisasi Hukum untuk Pengelola Eduwisata, instalasi panel surya untuk menghasilkan listrik, sepeda yang dapat mengkonversi energi mekanik menjadi energi listrik, permainan ular tangga berhitung, dan Engklek Bangun Datar.

Tidak hanya itu keterlibatan Bumdes dan Pemerintah Desa sangat berpengaruh dalam Pengembangan dan Pemberdayaan Eduwisata.

Dengan demikian masyarakat terberdayakan sehingga berpengaruh pada peningkatkan pendapatan masyarakat. Oleh karenanya dukungan dari Perguruan tinggi (Unwir) diharapkan mampu mengoptimalisasi pengembangan Eduwisata tersebut. ***

Sumber : Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.